Bangun Pagi Adalah Awal Buat Memulai Hidup yang Lebih Teratur

Begadang, males bangun, males beranjak dari kasur, kayaknya itu semua sudah jadi kebiasaan yang susah banget buah diubah. Nggak, aku nggak akan bilang itu buruk since I don’t know people’s live cycle. Aku juga pernah berada di posisi itu dan akhirnya gampang banget capek dan ngantuk di siang harinya, atau juga berasa lemes seharian dan kangen banget sama kasur dan selimut.

BUT! Aku mulai mencoba mengubah pola dan kebiasaanku sehari-hari dan melihat apa benar ada efeknya? Maka aku mulai bikin kebiasaan baru yang diawali dengan bangun pagi sejak memasuki bulan Mei lalu. Dan yep, bangun pagi benar-benar memberi banyak hasil positif!

Badan dan pikiran jadi lebih seger dengan bangun pagi

I’m an easily distracted person. Aku termasuk orang yang gampang banget kehilangan fokus. Bukan cuma waktu sedang mengerjakan sesuatu, bahkan juga dari target-target yang pernah aku buat. Berusaha tetap fokus itu susah banget, apalagi pas mulai siang. Baru bangun tidur aja udah capek, dan itu juga yang bikin susah produktif.

Kemudian mulailah aku mencoba bangun pagi. Awalnya aku sama sekali nggak melihat korelasinya, karena kalau kecapekan, logikanya bakal butuh lebih banyak waktu buat tidur. Tapi bangun pagi dan mulai beraktifitas lebih awal ternyata bikin badan dan pikiran berasa lebih fresh dan bersemangat. Aku mulai bisa fokus lagi dan lebih banyak hal yang bisa aku kerjakan selama seharian.

Pagi adalah waktu yang sempurna buat bikin planning

Setelah mulai terbiasa bangun pagi, aku sadar ada banyak waktu yang bisa dimanfaatkan. Jadi mulailah aku membuat jadwal atau semacam to do list tentang apa yang harus dilakukan selama seharian nanti. Mulai dari rencana kerja, apa saja yang harus dikerjakan pulang nanti, ingin pergi ke mana, dan banyak lagi.

Membuat rencana di pagi hari ternyata cukup banyak membantu agar tetap fokus seharian. Membuat rencana di malam hari nggak terlalu efektif buatku karena biasanya mata sudah nggak bisa diajak kompromi dan pengen merem. Otak juga udah nggak mau mikir sehingga percuma saja menyiapkan planning di malam hari.

Waktu me time yang bikin mood jadi bagus

Bangun dengan terburu-buru buat ngantor atau kuliah itu sama sekali nggak enak. Jadi sering kelupaan sesuatu gara-gara panik, udara yang udah panas bikin tambah males berangkat, belum lagi kalau sampai masih harus kena tegur dosen atau atasan.

Pagi hari ternyata juga pas banget untuk me time, nggak cuma weekend aja. Akhir-akhir ini, me time buatku adalah jogging keliling kompleks sambil dengerin musik. Ternyata olahraga ringan seperti itu nggak bikin kelelahwan waktu di kantor. Sebaliknya aku merasa lebih energik dan ceria seharian, dan bebas ngantuk waktu siang hari. Moodku jadi bagus dan nggak gampang ngomel lagi deh. 🙂

Jadi punya lebih banyak waktu

Bangun lebih awal bikin kamu punya waktu luang yang cukup banyak selama seharian nanti. Bayangkan, jika kamu bangun 2,5 jam lebih awal saja, kamu sudah punya 150 menit yang bisa kamu manfaatkan.

Itu baru satu hari, dalam seminggu kamu punya tambahan 17 jam, lebih dari 70 jam per bulan, dan 840 jam perhari. Dengan waktu sebanyak itu, masak sih masih beralasan nggak punya waktu?

 

Iklan